top of page

Yuk Mengenal Macam-Macam Sound System


Sound system merupakan serangkaian alat untuk memperkeras suara. Biasanya digunakan untuk rapat, pidato, ceramah, musik dan pementasan. Pada masa lalu pengeras suara sangat sederhana menggunakan speaker aktif sederhana atau sering disebut dengan istilah salon. Saat ini karena bertambah kembang teknologi, pengeran suara atau sound system pun sudah mengalami perkembangan luar biasa. Rangkaian alatnya sudah tidak sederhana lagi. Yuk kita mengenal sound system dan beberapa jenis peralatannya.

1. Sub Woofer Sub woofer merupakan sebuah alat pengeras suara atau speaker yang mempunyai kapasitas frekuensi bunyi dalam Kisaran 20 hingga 200 Hz. Suara tersebut merupakan Kisaran frekuensi yang dapat didengar oleh manusia. Dengan sub woofer ini kita bisa mendengar suara yang rendah atau low secara lebih jelas. Sub woofer pada umumnya terdiri atas speaker yang disambungkan pada speaker aktif yang terdapat pada sebuah komputer atau juga bisa dihubungkan ke jenis speaker aktif lainnya. Sub woofer dipasang secara terpisah dari speaker lain dengan menempatkan sub woofer pada sebuah kotak. Hal ini dilakukan karena sub woofer menghasilkan getaran yang lumayan kencang.

2. Woofer Woofer merupakan sebuah speaker yang mampu mengeluarkan suara dengan frekuensi rendah, yaitu antara 40 sampai dengan 1.000 Hz. Suara bas dihasilkan oleh woofer. Woofer banyak dijumpai pada speaker aktif ruang. Woofer mempunyai aneka ukuran, mulai dari 4,6, 8 inchi dan seterusnya. Untuk mendapatkan suara yang optimal, maka woofer sebaiknya diletakkan pada kotak yang selanjutnya digabung dengan midrange dan tweeter.

3. Speaker 3 Way Speaker 3 way merupakan jenis speaker dengan frekuensi rendah, sedang dan tinggi. Kemampuan pancar suara dari speaker jenis ini relatif lebih kompleks serta menghasilkan frekuensi suara 20 hingga 2.000 Hz. Adapun jenisnya adalah • Midrange Midrange memiliki kemampuan audio pada frekuensi 500-5.000 Hz. Suara nampak sangat alami dan jelas. • Tweeter Tweeter merupakan speaker dengan frekuensi pancar suara 5.000-20.000 Hz. Suara yang dihasilkan cukup tinggi atau biasa disebut high. Suara juga relatif lebih keras. • Full Range

Full range mempunyai daya pancar suara yang lebih kompleks, yaitu mulai dari frekuensi rendah hingga tinggi. Full range menjadikan suara dapat didengar sampai jarak yang cukup jauh.

Demikian mengenal sound system, selamat berburu mesin pengeras suara dan itu pun bisa didapatkan di https://www.sewa-sewa.com

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page